Jumat, 18 November 2011

TUGAS SOFTSKILL TULISAN 1

Ada tiga cara untuk membangun perusahaan, yakni :
  1. ·        Membeli perusahaan yang telah di bangun
  2. ·        Memulai perusahaan baru
  3. ·        Membeli hak lisensi (Franchising / Waralaba)
 I. MEMBELI PERUSAHAAN YANG TELAH DIBANGUN
   Beberapa pengusaha memilih membeli perusahaan yang sudah ada. Dengan membeli perusahaan yang sudah ada akan muncul banyak peluang yang pantas dipertimbengkan oleh para wirausahawan, Sebenarya cara itu sangat strategis bila di lakukan dengan baik adanya keuntungan dalam hal Gedung yang tak perlu /membuat lagi dan membutuhkan waktu yang lama.Tapi bila kita melakukannya dengan salah akan berakibat sangat fatal misalnya ada hutang yang tersisa di perusahaan yang baru saja di beli, kita harus membayar dan menanggungnya dan belum tentu itu saja bisa saja citra dari perusahaan itu buruk sebelum kita membeli Perusahaan itu.


1. Analisis keahlian, kemampuan, dan minat. 
   Tahap-tahap pertama dalam membeli perusahaan adalah menjalankan pemeriksaan terhadap diri sendiri untuk menentukan bisnis yang ideal untuk Anda dan menjalankan dari nol kembali dan berusaha membangkitkan kembali perusahaan yang baru saja dibeli.

2. MENCOBA MENYELIDIKI LEBIH DALAM TENTANG PERUSAHAAN YANG AKAN DI BUAT
   Mengevaluasi Perusahaan yang akan kita buat tujuannya untuk mengetahui apa Perusahaan yang akan kita buat itu baik bagi kita atau membuat kita rugi saat memulai perusahaan itu. Dan perlu adanya niat serta tekad untuk membangkitkan kembali perusahaan yang baru kta beli sehingga bangkit kembali dan menjadi perusahaan yang besar. Contoh Perusahaan MEDEX


2.MEMULAI PERUSAHAAN BARU
Setiap orang yang akan memulai suatu Perusahaan pasti membutuhkan semangat, kerja keras, waktu, dan 
uang. Dan dengan memiliki sebuah tekad yang kuat untuk mendapatkan suatu Gagasan-gagasan atau ide-ide yang baik dan akhirnya menciptakan suatu peluang bisnis yang menjanjikan dan mengutungkan. Ada 2 cara digunakan oleh para pengusaha dalam mendirikan usaha baru: 

Pertama pendekatan“inside-out”atau disebut dengan“idea generation” ,  yaitu pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan keberhasilan usaha.


Keduapendekatan“the out-side in” yang juga disebut“opportunity recognition”, yaitu pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa suatu perusahaan akan berhasil apabila menanggapi ataumenciptakan suatu kebutuhan pasar.
 Dalam memulai usaha baru ada beberapa hal yang harus diperhatikan
  • Tentukan gagasan bisnis yang akan di kembangkan
  • Action
  • Tekad
  • Semangat
  • Kerja keras
  • Selalu belajar dan lakukan pengamatan
  • Bidang dan jenis usaha yang di masuki
  • Tempat usaha yang akan dipilih
  • Membuat visi dan misi dalam usaha
3. MEMBELI HAK LISENSI (Waralaba.Franchising)
Definisi Waralaba (Franchise)

Suatu strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengembangkan jaringan usaha.
Suatu cara untuk mengemas suatu produk atau suatu usaha dengan tujuan untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen yang lebih Iuas. (sesuai Peraturan Menteri no. 12/2006 tentang Waralaba)
Waralaba (Franchise) adalah perikatan antara Pemberi Waralaba dengan Penerima Waralaba dimana Penerima Waralaba diberikan hak untuk menjalankan usaha dengan memanfaatkan dan/atau menggunakan hak kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki Pemberi Waralaba dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh Pemberi Waralaba dengan sejumlah kewajiban menyediakan dukungan konsultasi operasional yang berkesinambungan oleh Pemberi Waralaba kepada Penerima Waralaba. (sesuai rancangan Peraturan Pemerintah tentang Waralaba)
Waralaba adalah Sistem bisnis dan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang dimiliki orang perseorangan atau badan usaha yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain. 
Istilah franchise format bisnis, Franchise Format Bisnis adalah pemberian sebuah lisensi oleh seseorang (franchisor) kepada pihak lain (franchise) , lisensi tersebut member hak kepada franchise untuk berusaha dengan menggunakan merk dagang dan untuk menggunakan keseluruhan paket yang terdiri dari seluruh elemen yang diperlukan untuk membuat seorang yang sebelumnya terlatih didalam bisnis. 
Manfaat Waralaba
Sebagai salah satu alternatif mengembangkan usaha dan mencari keuntungan, tentu saja pihak-pihak yang berserikat dalam usaha waralaba mengharapkan keuntungan yang bisa mengganti biaya-biaya pengorbanan yang mereka keluarkan baik uang,waktu,usaha,kerja keras dan lain-lain. Ada  banyak keuntungan dan keunggulan prinsipal bagi masing masing rekan kerja baik bagi franchise.
Contoh perusahaan:
  • Red crispy
  • Simply fresh laundry
  • Pizza Hut
  • Barley bread
  • MacDonald